Beranda | Artikel
Biografi Imam Al-Baghawi
Jumat, 23 Juli 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Imam Al-Baghawi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 23 Syawal 1442 H / 04 Juni 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Al-Mustarsyid Billah

Kajian Tentang Biografi Imam Al-Baghawi

Sebelumnya kita berbicara tentang Khalifah Al-Mustarsyid Billah, yaitu yang memerintah pada tahun 512-529 hijriyah. Dimana dalam masa kekhilafahan beliau ada banyak ulama yang meninggal dunia. Tentunya ulama-ulama yang telah memberikan jasa kepada umat melalui ilmu yang telah diwariskan.

Di antaranya adalah ulama yang cukup masyhur dan terkenal dikalangan umat, yaitu Imam Al-Baghawi, seorang mufassir dan muhaddits sekaligus faqih.

Maka seyogyanya kita mengenal beliau, bagaimana perjuangan beliau dalam menuntut ilmu dan mengamalkannya. Tentu ini sebagai motivasi dan inspirasi untuk generasi muda kita. Bagaimana perjuangan para ulama dahulu yang pada hari ini jasa mereka dikenang, mewariskan ilmu dan manfaat untuk umat. Inilah yang akan membantu seseorang di alam kuburnya.

Kita lihat betapa banyak ulama yang telah meninggal puluhan abad ataupun ratusan tahun, tapi hari ini namanya masih harum dikenal dengan berkat ilmu yang diwariskan kepada umat. Setiap hari di berbagai tempat di muka bumi ini manusia menimba ilmu melalui karya-karya mereka. Ini suatu faedah yang akan mereka terima di sisi Allah. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menegaskan dalam hadits shahih bahwa di antara amalan yang tidak akan terputus pahalanya setelah seorang meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat.

Biografi Imam Al-Baghawi

Menit ke-9:20 Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50439-biografi-imam-al-baghawi/